Tugas 3 : Etika Profesi Akuntansi

Tertanggal 19 September 2009, Mentri Keungan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati telah menetapkan sanksi pembekuan izin usaha melalui Peraturan Menteri Keuangan No.17/PMK.01/2008 tentang Jasa Akuntan Publik., sanksi ini di berikan kepada delapan Akuntan Publik (AP) dan Kantor Akuntan Publik (KAP), yang AP dan KAP itu antara lain yaitu, yang pertama AP Drs. Basyiruddin Nur, telah dikenakan pembekuan selama tiga bulan, karena yang bersangkutan belum sepenuhnya mematuhi atas Standar Auditing dan Standar Profesional Akuntan Publik dalam pelaknaan audit umum atas PT Datascrip dan Anak Perusahaan tahun buku 2007, yang dinilai berpotensi berpengaruh cukup signifikan terhadap Laporan Auditor Independen.

Yang kedua AP Drs. Hans Burhanuddin Makarao, yang dikenakan sanksi melalui KMK Nomor: 1124/KM.1/2009 tanggal 9 September 2009. Yang bersangkutan dikenakan sanksi pembekuan selama tiga bulan karena belum sepenuhnya mematuhi SA – SPAP dalam pelaksanaan audit umum atas laporan keuangan PT. Samcon tahun buku 2008, yang dinilai berpotensi berpengaruh cukup signifikan terhadap Laporan Auditor Independen.

Yang ketiga AP Drs. Dadi Muchidin, melalui KMK Nomor: 1140/KM.1/2009 tanggal 4 September 2009. Yang bersangkutan dikenakan sanksi pembekuan selama tiga bulan karena KAP Drs.

KAP yang ke-empat adalah KAP Drs. Dadi Muchidin, melalui KMK Nomor: 1103/KM. 1/2009 tanggal 4 September 2009, dengan sanksi pembekuan selama tiga bulan karena KAP tersebut telah dikenakan sanksi peringatan sebanyak 3 (tiga) kali dalam jangka waktu 48 (empat puluh delapan) bulan terakhir dan sampai saat ini.

Yang ke-lima adalah KAP Matias Zakaria, melalui KMK Nomor: 1117/KM.1/2009 tanggal 7 September 2009, selama tiga bulan karena KAP tersebut telah dikenakan sanksi peringatan sebanyak 3 (tiga) kali dalam jangka waktu 48 (empat puluh delapan) bulan terakhir dan sampai saat ini.

Ke-enam KAP Drs. Soejono, melalui KMK Nomor: 1118/KM.1/2009 tanggal 7 September 2009, selama tiga bulan karena KAP tersebut telah dikenakan sanksi peringatan sebanyak 3 (tiga) kali dalam jangka waktu 48 (empat puluh delapan) bulan terakhir dan sampai saat ini.

KAP yang Ketujuh yaitu KAP Drs. Abdul Azis B, melalui KMK Nomor: 1119/KM.1 /2009 tanggal 7 September 2009, selama tiga bulan karena KAP tersebut telah dikenakan sanksi peringatan sebanyak tiga kali dalam jangka waktu 48 (empat puluh delapan) bulan terakhir dan sampai saat ini.

Dan KAP yang terakhir yaitu KAP Drs. M. Isjwara, melalui KMK Nomor: 1120/KM.1/2009 tanggal 7 September 2009, selama tiga bulan, karena KAP tersebut telah dikenakan sanksi peringatan sebanyak tiga kali dalam jangka waktu 48 (empat puluh delapan) bulan terakhir dan sampai saat ini,

Dari kedelapan AP dan KAP telah lalai menjalankan tugasnya Dari kedelapanya juga melekukan kesalahan yang sama yang melanggar peraturan yang sama.

Maaf apabila terdapat kesalahaan dalam penulisan nama ataupun kata-kata yang tanpa adanya kesengaja dari penulis. Penulis disini Cuma ingin menyalurkan bakat dari menulis

Refrensi : http://www.endonesia.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=5&artid=4320

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: