Tugas 2 : Etika Profesi Akuntansi

“Etika Akuntan Publik dalam Menerima Parcel”

Dengan dibuatnya UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Nomor 20 tahun 2001, Pasal 12b Ayat 1 menyebutkan, gratifikasi, pemberian dalam arti luas, adalah suap jika berhubungan dengan jabatan dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.

Sanksi yang di terapkan oleh pemerintah tentang pemebrian parcel telah dibuat dalam Pasal 12b UU itu mengancam pelanggarnya dengan sanksi penjara seumur hidup atau paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun serta denda minimal Rp 200 juta dan paling banyak Rp satu miliar. belum ada undang-undang yang mengaturnya. Sedangkan pemberian parcel untuk pelanggan biasanya perusahaan masih diberikan izin untuk pemberian sovenir. Cuma dengan maksud untuk menjaga hubungan baik dengan menjaga hubungan baik dengan pelanganny hal lain yang masih boleh dilakkukan oleh perusahaan yaitu mentraktir makan, memberi tiket gratis, golf, dan lainnya (Steven R, Barth, Corporate Ethics, 2003).

Di Indonesia, beberapa undang-undang yang mengatur tindak pidana korupsi adalah UU No 28/1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang bebas KKN; UU No 31/1999; dan UU No 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Hati-hati dalam memberikan parcel untuk Pegawai Negeri  di Indonesia karena bisa berakibat merugikan. Sebagai contoh, dalam Pasal 5 UU Nomor 31 Tahun 1999, memberi atau menjanjikan sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dipidana sama berat. Sadhono Hadi Pemerhati GCG dan Etika Bisnis Tulisan ini disalin dari Kompas, 19 Oktober 2006.

Kesimpulan dari tulisan diatas adalah Pemberian parcel dengan maksud menyuap ataupun gratifikasi merupakan tindakan pidana yang dikenakan sangsi yang begitu berat.

Kesimpulan dari tulisan diatas adalah Pemberian parcel dengan maksud menyuap ataupun gratifikasi merupakan tindakan pidana yang dikenakan sangsi yang begitu berat.

Dan menurut saya apabila KAP ingin memberikan parcel mungkin hanya untuk kalangan tertentu saja ya misalnya untuk keluarga, kerabat, ataupu sanak famili.Betul ga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: