Perubahan Sosial Yang Mendasari dari Kehidupan Manusia

 

Perubahan Sosial Yang Mendasari dari Kehidupan Manusia

 

Menurut Selo Soemardjan, Perubahan Sosial adalah segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Perubahan-perubahan dinamika sosial budaya tidak selalu berarti kemajuan, tetapi dapat pula berarti kemunduruan dalam bidang-bidang kiehidupan tertentu. Perubahan sosial menyangkut segala macam perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Ada beberapa teori penyebab perubahan sosial, diantaranya yaitu teori evolusi, teori konflik, teori fungsionalis, dan teori siklis.

Menurut Soekanto mengelompokkan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan sosial dalam dua golongan besar yaitu faktor yang berasal dari dalam masyarakat sendiri (faktor internal) dan faktor yang bersumber dari luar masyarakat (faktor eksternal).

Faktor Internal yaitu dianataranya adalah bertambahnya atau berkurangnya penduduk, adanya penemuan baru, pertentangan (konflik) masyarakat, terjadinya pemberontakan atau revolusi, dan ideologi. Faktor eksternal yaitu adalah lingkungan alam fisik yang ada di sekitar manusia, pengaruh kebudayaan masyarakat lain dan peperangan.

Di antara sekian banyaknya perubahan yang terjadi di kehidupan ini, manusia seharusnya mempunyai suatu control sosial sebab dengan kontrol sosial maka perubahan baik, perubahan positif maupun perubahan negatif tidak sepenuhnya dapat merubah dari tatanan budaya kita yang sudah ada.

Perubahan yang sangat mendasari dari kehidupan manusia adalah dengan adanya peranan birokrasi dan pranan masyarakat. Pemerintahan yang baik yaitu pemerintahan yang mendengarkan tuntutan dari bawah juga mendengarkan dari tuntutan atas. Tuntutan ini yang akan membuat manusia akan slalu berkmbang. Perkmbangan kearah suatu tatanan masyarakat yang adil dan makmur yang sesuai dengan UUD 1945.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: